Membayar Hutang Yuk….

19 09 2008
cara cepat bayar hutang, hutang tak terbayarkan

cara cepat bayar hutang, hutang tak terbayarkan

Seri berikut adalah seri cara cepat membayar hutang yang tak terbayarkan. Sengaja seri berikut saya tulis dengan bahasa saya saja, mengingat biar lebih mudah saja untuk mencernanya…
Tulisan ini saya sarikan dari berbagai sumber, diantaranya ustadz Yusuf Mansur, Arifin Ilham, Abdullah Gymnastiar dll.Semoga bermanfaat.amiinn….

Tulisan terdahulu sudah saya kemukakan tentang cara cepat membayar hutang.

Pertama, yaitu bersedekah dengan harta yang paling dicintai.

Kebaikan buat penghutang adalah terbayar hutangnya.Nah, para penghutang digaransi Allah tidak akan mencapai kebaikan itu dengan sempurna dan mudah kecuali mereka mau mengorbankan harta yang mereka cintai. Dasar ayatnya QS. 3 :92.

berikut langkah selanjutnya, yaitu:

Kedua,

Menolong saudara yang sedang kesusahan, cari dulu orang yang berhutang untuk dibantu bebaskan hutangnya.

Dasar haditsnya Allah selalu berkenan membantu hamba-Nya, selama hamba-Nya berkenan membantu saudara-Nya.

Memang nampak seperti hal yang mustahal ya, kita aja butuh bantuan masak disuruh bantu saudara yang punya hutang…
Alhamdulillah saya sudah mempraktikkannya, meski kita hanya bisa bantu saudara kita itu sedikit.

Ketiga,

Perbanyaklah sedekah dikala justru sedang sulit, sebagai wujud sebuah pengorbanan.

Dasar ayatnya QS. 65:7. ….mereka yang sedang disempitkan rizkinya, hendaklah banyak menginfakkan hartanya yang diberikan Allah.

Hal ini pun nampak mustahil,saya sudah coba mempraktikkannya. Rasanya kita menjadi orang yang paling kaya di dunia. Hmm, sesuatu yang aneh memenuhi dada, sebuah rasa syukur karena kita merasa kaya.

Keempat,

Lakukan sedekah dengan ikhlas dan jangan hapus dengan dosa-dosa.

Dasar ayatnya, QS. 2: 64
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian, maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah).Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan….

Bersambung……


Aksi

Information

42 responses

21 09 2008
easy

semakin banyak kita memberi sedekah, semakin lancar rizki yang kita terima. InsyaAllah :)

20 09 2013
Rahman

ass saya Rahman dari daerah Padang saya mau ucapkan kepada pembuat blog ini karena berkat bantuannya saya bisa ketemu dgn eyang Keramat juru kunci gunung Bromo,awalnya saya hanya tukang becak yang sangat dihina dan dicaci,hutang ada dimana-mana,akhirnya saya sudah pusing dan gampir bunuh diri tp saya baca iklan di internet dan saya coba menghubungi eyang Keramat,awalnya saya ragu dan bimbang tp saya punya keyakinan dan kemauan akhirnya saya mencoba mengikuti pesugihan Gunung Bromo,alhamdulillah sekarang saya tidak dihina lagi hutang2 saya semua sudah lunas dan saya sudah mempunyai rumah sendiri,sekarang saya sudah memiliki usaha warung kecil2lan,berkat bantuan eyang Keramat saya bisa seperti ini,terimah kasih Eyang berkat eyang saya sudah seperti ini,mau seperti sy silahkan langsung hub Eyang guru keramat di nmr 085241682128 ,ini kisah nyata saya demi Allah kalau saya berbohong,terimah kasih.

ass saya Rahman dari daerah Padang saya mau ucapkan kepada pembuat blog ini karena berkat bantuannya saya bisa ketemu dgn eyang Keramat juru kunci gunung Bromo,awalnya saya hanya tukang becak yang sangat dihina dan dicaci,hutang ada dimana-mana,akhirnya saya sudah pusing dan gampir bunuh diri tp saya baca iklan di internet dan saya coba menghubungi eyang Keramat,awalnya saya ragu dan bimbang tp saya punya keyakinan dan kemauan akhirnya saya mencoba mengikuti pesugihan Gunung Bromo,alhamdulillah sekarang saya tidak dihina lagi hutang2 saya semua sudah lunas dan saya sudah mempunyai rumah sendiri,sekarang saya sudah memiliki usaha warung kecil2lan,berkat bantuan eyang Keramat saya bisa seperti ini,terimah kasih Eyang berkat eyang saya sudah seperti ini,mau seperti sy silahkan langsung hub Eyang guru keramat di nmr 085241682128 ,ini kisah nyata saya demi Allah kalau saya berbohong,terimah kasih.

****kisah nyata

22 09 2008
loveeeis

mbak easy… benar sekali tu mbak….akan dibalas Allah berlipat ganda…:)

22 09 2008
sitidjenar

setuju dg mba easy…sambungannya mana ya??

22 09 2008
loveeeis

heheh…insyaallah segera mas….:)

24 09 2008
yessymuchtar

ajakan yang baik..aku mau langsung jawab..yuukss ;)

25 09 2008
loveeeis

betul mbak yessy…yuk segera…:)

15 10 2008
yulism

Tips yang berguna. Thanks mbak Lily

21 10 2008
Pilih Ke Matahari Apa “merayu”…. « Loveeeis bLOG

[…] indahnya bila uang yang ingin aku belikan baju ini aku beli kan takjilan juga. Hitung-hitung aku bersedekah dan ngerayu sang Khalik […]

29 10 2008
Sartaman

No.. Commebt.. yakin ini pasti saran yang terbaik

29 10 2008
loveeeis

mas Sartaman…thx.ayo kita praktikkan…..:)

3 02 2009
juli ariyadi

saya percaya kalo memberi sedekah akan mendapatkan ganti berlipat ganda. maka dari itu, bersedekahlah kepadaku:
rek. 0144899229
an. juli ariyadi BNI Magelang,

kalo suatu saat saya dah dapat ganti berlipat saya akan kirim 10% ke rekening saudara2 yang telah beramal kepadaku.

11 03 2009
ayiz

hm.. so inspired..
aku benar2 sedang bingung mbak…
ayahku terjerat hutang yang amat banyak…

bingung mbak.. gmn ya ngelunasinnya…??

28 11 2009
loveeeis

mas ayiz…

maaf baru buka blog lagi…
sebenarnya saya mau update blog saya, berhubung kesibukan sangat padat..jadi tidak sempat..:(

Mohon check imel anda…mksh

20 03 2009
loveeeis

@mas ayiz…

maaf baru buka blog lagi…
sebenarnya saya mau update blog saya, berhubung kesibukan sangat padat..jadi tidak sempat..:(

Mohon check imel anda…mksh

24 07 2009
zay

memang benar nasihat di atas tapi mengapa yah berat sekali untuk bersedekah ,mungkin hal itu yang membuat kita sulit untuk melunasi hutang hutang kita ,ya alloh berikanlah hambamu keringana untuk bersedekah terhadap sesama.

30 10 2009
Asper081282@gmail.com

Tapi keluargaku hutangnya lebih banyak dari yang diduga, sudah 5 tahun ini gak bisa kelar2 masalahnya, karena bunganya sendiri sudah sangat tinggi (tiap bulan harus angsur 35 juta) belum yang hutang saudara, padahal income sekarang sekeluarga cm 10-12 jt/bulan. mungkin ini akibat kesalahan kami karena ikut dalam pilkada yang gak taunya malah jatuh kejurang yang dalam banget, tapi InsyaAllah kami masih diberi keimanan dan kesabaran. mudah2an dengan ini berakhir dan kami semua harus pandai2 menikmati syukur.
..

1 11 2009
loveeeis

Alhamdulillah..terimakasih sudah mampir ke blog saya mas…
memang kita harus selalu bersyukur dan pandai2 menikmati hidup ini
tapi percayalah, Alloh tidak akan memberikan ujian yang diluar batas kemampuan hambanya…

Sebenarnya, secara logika dengan penghasilan 10-12jt perbulan tak akan sanggup dan mampu membayar yang 35jt perbulan. Tapi percayalah….pasti ada jalan.

Berikut sedikit tips dari saya,yang insyaalloh ini sudah saya alami dan buktikan sendiri. disaat2 paling kritis dalam liku-liku kehidupan kami…
1. Tetaplah bersodaqah. Sodaqoh bisa tidak berupa uang, tapi senyuman ramah kepada saudara seiman maupun manusia pada umumnya. Atau bisa juga sodaqoh waktu, tenaga atau apapun dijalan Alloh. misal : dimasjid ada kerjabakti…coba ikuti aja dengan bergabung dan memulainya dengan “bismillah”. Insyaallohhati menjadi lebih tenang, lebih merasa “kaya”.

Atau..usahakanlah bersodaqoh kecilll aja setiap hari. Seribu perak aja setiap hari. Lakukan terus menerus dan ikhlas tanpa mengharap imbalan apapun. Ibaratnya kita BAB…begitu keluar…plass…tak pernah mengharapnya kembali. Coba lakukan …dijamin anda akan bertambah kaya….

2. Ini yang paling mudah namun kadang serasa bosan juga bila belum merasakan manfaatnya. Bacalah “Astaghfirullohal ‘Adziiimmm” sedikitnya 1000x sehari. Tidak usah dihitung2 mas…tapi tetap lakukan dan resapi maknanya. Alhamdulilah…dalam waktu dekat mas sekeluarga akan diberi jalan keluar oleh Alloh. Just do it dan yakinlah…pertolongan Alloh itu sangat dekat bagi hambaNya yang selalu mengingatnya.
Saya sudah merasakan sendiri manfaatnya…dan alhamdulillah sebagian besar masalah keuangan atau apapun itu….begitu tiba2 dengan mudahnya terselesaikan.

* Jangan lupa untuk sharing menulis di komen ini bila mas sudah merasakan manfaatnya. Bukan apa-apa….hanya untuk sharing dengan pembaca lainnya. :)

Terimakasih..

Jazakumullohu Khairan Katsiira…

18 11 2009
surojo

saya yakin pertolongan Alloh akan datang dari mana saja,sekarang ini saya dan keluargaku lagi terjerat hutang karena usahaku macet dan aku harus tetap membayar hutang yang tiap bulan aku harus membayar sekitar 9 jutaan,sedangkan pendapatanku hanya sekitar 1 jutaan,tolong komentarnya, atau kalau ada yang ingin bersodakoh padaku atau membantu dana investasi untuk usahaku agar aku bisa membayar hutang
reg 0149882709
a.n.surojo
BNI46 SYARIAH Bandar Lampung

28 11 2009
loveeeis

Mas surojo..saya sudah berikan coretan di bawah..salam hangat dan jazakumulloh khairan..

20 11 2009
loveeeis

@mas surojo..terimakasih dah mampir ke sini…
memang hutang adalah momok bagi tiap orang…karena tersenyum saat menerima hutangan dan menangis kala harus membayarnya. Tapi, memang semua telah terjadi. Yang bisa dilakukan sekarang adalah bagaimana menyelesaikan hutang2 tersebut.

Saran saya adalah sbb:
1. Lakukan seperti tulisan saya di atas (komen saya di atas mas surojo)
2. Kalau hutang2 itu masih bisa dilakukan pending pembayarannya, atau bisa di re-schedul…coba mintalah untuk me-reschedul hutang2 tersebut.
misal…hutang kepada bank A. Datanglah ke bagian yg mengurusi hutang2 anda (kredit anda)..lalu berterus teranglah bahwa belum bisa membayar. Tanyakanlah..apakah ada program re-scheduling (penjadwalan ulang). Misal : anda yang seharusnya membayar perbulan 2 juta rupiah selama 2 tahun, mintalah di rescehul hutang tsb. Taruhlah jadi membayar 500 ribu perbulan. Tentunya dengan konsekwensi bertambahnya tahun / waktu. Bisa saja nanti menjadi 4-5 tahun (yang semula jadwalnya cuma 2 tahun)

3. Cobalah untuk menggali lebih dalam keahlian keluarga masing2. Misal istri mas surojo ahli membuat kue2 kering. Nah manfaatkan keahlian keluarga untuk menambah penghasilan. Siapa tahu nanti lama2 bisa menjadi usahawan sukses dibidang kue2 kering.

Salam hangat dan sukses buat anda sekeluarga.

Jazakumullohi khoiran

27 11 2009
Mas Suryo

Saya setuju sekali dengan jawaban dari penulis. Memang kalo kita pikir secara logika, utang yg begitu besar dan tak sebanding dengan income yg kita dapat, tak mungkin kita bisa melunasi hutang. Tapi kita sebagai manusia tidak bisa memprediksi apa yg akan terjadi nanti, semua bisa terjadi atas kehendakNya. Alloh akan selalu memberikan jalan kepada umatnya, selagi kita mau berusaha dan tak mau jauh dariNya. Sudah banyak mba li..li.. (penulis) memberikan tips tips yang jitu pada kita, menurut saya itulah cara kita merayu Alloh agar apa yang kita inginkan bisa terkabul. Tentu saja bukan hanya rayuan gombal, tapi rayuan yang didasari dengan kesungguhan dan keikhlasan hati.
InsyaAlloh beban batin kita akan berkurang, hati akan lebih tentram… dalam menghadapi cobaan.

28 11 2009
loveeeis

@Mas suryo..terimakasih sudah mampir ke blog saya….
HBenar sekali..semua terjadi atas kehendakNya. Satu yang bisa diambil hikmah..terima saja semua yang telah terjadi pada kita sebagai pelajaran, sebab hal itu akan sangat berguna bagi perjalanan hidup kita. Bukan begitu pak RT ? :). Matursuwun sudah ikut meramaikan blog saya.

16 01 2010
Marzuki

seya dalam kondisi yang sama terjepit untuk membayar hutang bahkan ada sisa 1 hari waktu untuk di exekusi rumah orang tua kami ,mohon doa dari temen2 semua semoga dimudahkan untuk membayar hutang.

16 01 2010
loveeeis

@MAs Marzuki…kita saling mendo’akan..semoga Alloh memudahkan mas Marzuki dalam melunasi hutang-hutangnya. Amiin…

14 02 2010
gobeng

Bagaimana nasib saya ini. Saya tertipu teman baik saya (dulu) sejak th 2004.
Saya terlalu bego dan mudah membantu orang lain sehingga sekarang malah terjerat masalah yg sangat rumit. Ibarat pepatah “NULUNG MALAH KEPENTHUNG”
Dulu saya dipinjam sertifikat rumah saya utk pinjam kredit di Bank Danamon sebesar 100jt. Kemudian beberapa bulan kemudian nama saya dan istri saya dipinjamnya pula utk pinjam kredit di Bank Mandiri sebesar @100jt.
Sekarang teman saya tsb minggat entah kemana. Keluarganyapun tidak ada yg bertanggungjawab bahkan istrinya mau minta cerai.
Karena rumah saya mau disita oleh bank bulan November th 2009 kemarin dengan pinjaman sana – sini saya terpaksa melunasi utangnya di Danamon 70jt. Sekarang utangnya di Bank Mandiri masih 200jt (pokok pinjaman) bulan Januari 2010 saya lihat sisa utang masih 300jt dengan bunganya.
SAYA HAMPIR GILA………………….
Saya hanya buruh pabrik dg upah dibawah 2jt/bln, dan sekarang harus melunasi utang teman saya tsb.
Sedangkan pihak bank tidak mau tahu semua itu…..yg penting utang harus dibayar.
Pada awalnya saya betul2 berniat bantu teman saya yg sedang butuh modal utk usahanya, tapi kenapa sekarang saya malah kena pahitnya…..

info penipu tsb :
Nama : Bambang Susanto
Nama istri : Ana Higmawati
Alamat : Glondong, Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta

6 10 2010
loveeeis

Assalamu’alaikum mas gobeng dan keluarga,
Sebelumnya mohon maaf baru bisa membalas lewat blog ini..dikarenakan kesibukan saya …

Cobaan memang kadang datang tanpa permisi, namun yakinlah bahwa Alloh SWT tidak akan mencoba hamba-Nya diluar batas kemampuannya.

Niat mas Gobeng baik tapi malah disalahgunakan oleh temannya. Saran saya, perbanyak istighfar, sholat wajib + dhuha + malam, perbanyak dzikir. Intinya ikhlas dan rela mendekat kepada Alloh SWT. Tidak ada sesuatu pun didunia ini yang akan terjadi tanpa seizin Alloh.

Insyaalloh mas gobeng akan segera mendapat pencerahan atau setidaknya titik terang jalan apa yang terbaik untuk menyelesaikan permasalahan yang menimpa mas gobeng…

salam hangat,

love is :)

1 10 2010
hastuti

asslm.sy jg lg bingung berat.aq & suami sama2 punya hutang di bank.walau berat cobaan kami,aq trs berdoa bhw Allah akan menolongku.Aq rutinkan dhuha dan tahajudku walau blm sempurna.Aku percaya bhw suatu saat Allah akan menolongku.Tp yg bikin aq sedih adalah suamiku sangat sulit untuk aq ajak dhuha maupun tahajud. Bagi suamiku, yg penting sholat wajib dah dilaksanakan. Ndak penting dhuha atau tahajud segala…Akhirnya skrng suamiku mlh ndak kerja krn modal habis dan ujung2nya uring2an trs krn hrs byr hutang sementara pemasukan ndak ada. Alhmdulillah Allah masih ksh aq banyak kesempatan kerja yang bs aq manfaatin utk nambah penghasilan. Tp gmn dg suamiku? Keinginanku saat ini sederhana aja. Ingin mengajak suamiku utk melakukan dhuha dan tahajud sbg wujud usaha batiniah kami utk mengatasi masalah. Tolong kasih saran utkku. Tq a lot

6 10 2010
loveeeis

Assalamu’alaikum mba Hastuti,, maaf baru bisa membalas..

Memang terkadang untuk suatu hal yang baik menurut kita, kadang di mata orang lain bahkan suami sendiri terkesan biasa saja. Yang harus kita ingat adalah, percuma kita berusaha mengubah orang lain bila dianya sendiri tidak berniat untuk berubah. Seakan-akan kita menulis di atas air…

Hal terbaik adalah, mba hastuti tetap sholat wajib + sunah + dhuha + malam sambil memohon kepada Alloh semoga hati suami mba hastuti dibukakan hidayah oleh Alloh. Sambil tetap menghamba pada Alloh atas semua masalah yang sedang mba hastutui hadapi.

Yakinlah, Alloh akan selalu mendengar doa-doa yang dipanjatkan hamba-hamba Nya yang shalih.

salam hangat,

love is

26 01 2011
fauntaimi

perlu memeriksa:)

31 01 2011
laluk

barang kali ada yang sudi membantu saya,,,untuk membuka usaha kembali karena modal yang lama sudah di rampas oleh orang yang saya hutangi,,,

mohon bantuannya,,,dan kirim ke reg BCA cab surabaya
4720.121.871
sumbangan seribu rupiah pun saya akan sangat berterima kasih,,,
semoga ALLAH membalas kebaikkan anda semua dengan pahala yang berlipat,,,AMIIIN,,,,

25 06 2011
Khoiri

Assalamualaikum.rekan netter semua.saya saat ini membutuhkan bantuan rekan2 semua.saya lagi terlilit utang.totalnya 5 jutaan. saya berharap kerelaan hati saudara untuk membantu saya.jika rekan berkenan tlg bntu saya berapapun itu sangat berarti buat saya.ini no rekening BRI saya 0619010005695636 atas nama ASBANUL KHOIRI saya sangat berterima kasih jika ada dermawan yg membantu saya.semoga allah membalas kebaikan anda semua.amin

25 06 2011
Khoiri

Assalamualaikum.rekan netter semua.saya saat ini membutuhkan bantuan rekan2 semua.saya lagi terlilit utang.totalnya 5 jutaan. saya berharap kerelaan hati saudara untuk membantu saya.jika rekan berkenan tlg bntu saya berapapun itu sangat berarti buat saya.ini no rekening BRI saya 061901000569536 atas nama ASBANUL KHOIRI saya sangat berterima kasih jika ada dermawan yg membantu saya.semoga allah membalas kebaikan anda semua.amin

28 06 2011
putri

Terima kasih mba tulisannya untuk mengingatkan..

Aku juga sedang bingung, banyak hutang, dll yg harus dibayarkan, …
Semoga Allah tetap memberi jalan dan melindungi aku dan keluarga, kita semua…

bantu doanya …

terima kasih

13 07 2011
nina

mba bisa bantu cari solusi buat saya????

24 11 2011
enjang

Allahhuakbar

16 08 2012
dedi ardjasoebrata

Laku kan semua amalan hanya semata berharap ridhaNya krn Allah SWT Maha Mengetahui apa yg diperlukan oleh kita……….sedekah adalah proses penguatan keyakinan dalam membangunkan alam bawah sadar bahwa hanya kepadaNya lah hidup dan kehidupan kita sandarkan

8 01 2013
Khoiri

Saya adalah orang yang sedang membutuhkan pertolongan Allah dari orang-orang yang mau bersedekah untuk membantu melunasi beban hutangku sebanyak 30 Juta, saya jujur Allah saksinya, kalau anda sesama muslim ingin menolong saudaranya saya tunggu selalu pertolongan Allah lewat sedekah anda, bisa transfer ke rek .MANDIRI .NO. 1080011989101. dan bisa menghubungi / sms ke 081378382945 semoga sedekah anda semakin melipatgandakan harta anda, dan di balas dengan surga. amin

8 04 2013
ropi kemara

maaf saya juga benar-benar terjerat masalah.hutang saya besar sedangkan saya dipecat dari pekrjaan.mohon sulusi untuk saudara-saudara sekalian.terima kasih

1 09 2013
Kusnani

Saya terlilit hutang 170 juta karna ditipu orang sekiranya ada teman2 yang baca tulisansaya berkenan membantu untuk mensedekahkan 10 ribu dari rejeqinya ke rek saya a/n kusnani no rek 1320013922126 bank mandiri allah yg akan membalas kebaikan xlian berlipat lipat

1 09 2013
Kusnani

Sejak musibah itu saya diberhentikan kerja dan sampai saat ini belum mendapat pekerjaan,6 bulan saya dalam kondisi depresi dan takut klw saya akan masuk penjara klw tidak bisa melunasi,rumah ortu saya terancam disita,mau kemana mereka klw itu terjadi,saya selalu berdoa meminta pertolongan allah

20 09 2013
Rahman

ass saya Rahman dari daerah Padang saya mau ucapkan kepada pembuat blog ini karena berkat bantuannya saya bisa ketemu dgn eyang Keramat juru kunci gunung Bromo,awalnya saya hanya tukang becak yang sangat dihina dan dicaci,hutang ada dimana-mana,akhirnya saya sudah pusing dan gampir bunuh diri tp saya baca iklan di internet dan saya coba menghubungi eyang Keramat,awalnya saya ragu dan bimbang tp saya punya keyakinan dan kemauan akhirnya saya mencoba mengikuti pesugihan Gunung Bromo,alhamdulillah sekarang saya tidak dihina lagi hutang2 saya semua sudah lunas dan saya sudah mempunyai rumah sendiri,sekarang saya sudah memiliki usaha warung kecil2lan,berkat bantuan eyang Keramat saya bisa seperti ini,terimah kasih Eyang berkat eyang saya sudah seperti ini,mau seperti sy silahkan langsung hub Eyang guru keramat di nmr 085241682128 ,ini kisah nyata saya demi Allah kalau saya berbohong,terimah kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: